Diseminasi Sains Melalui Komunitas TEDx Jakarta


Dr. Intan Suci Nurhati, peneliti muda Pusat Penelitian Oseanografi LIPI menjadi  speaker dalam acara TEDxJAKARTA 12: NIYATA yang diadakan Juni lalu. TEDx Jakarta kali ini bertema  ‘Niyata’ dari  kata Sansekerta yang berarti ‘nyata’. Dalam event ini, Dr. Intan sharing ideas sebagai ‘Coral Oracle’ atau peramal alam dengan karang. TEDxJakarta  memiliki keunikan dengan menghadirkan  delapan orang speaker yang semuanya wanita,  tiga diantaranya berprofesi peneliti. Acara ini didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) dan berlangsung di Gedung Kesenian Jakarta.  Acara TEDxJakarta  jadi  ajang membangun jejaring bagi kawula muda dan komunitas industri kreatif seperti underwater videographer dan pencinta sastra. Dalam kesempatan ini, banyak mahasiswa yang mencari informasi tentang  karang dan tips untuk karir dan beasiswa.


Bagi Intan, kegiatan ini adalah kesempatan untuk  mengomunikasikan sains kepada komunitas luas dengan membawa bendera  LIPI. Penampilan Intan sebagai pembicara dalam acara tersebut merupakan kesempatan kedua bagi peneliti LIPI untuk berbagi ide dan pengalaman. Sebelumnya pernah tampil peneliti senior LIPI Dr. Nurul Taufiqu Rochman sekitar tujuh tahun lalu.


Dalam kaitan dengan diseminasi sains, peneliti masih memiliki pekerjaan rumah untuk meningkatkan ocean literacy masyarakat Indonesia. Banyak fakta tentang laut yang sudah umum bagi peneliti tetapi jadi sesuatu yang baru dan menarik bagi masyarakat. Selain itu, jadi info menarik bagi komunitas cerdas yang hadir pada forum ini. Menyampaikan sains ke publik adalah seni yang memerlukan kreatifitas. Sehingga perlu difasilitasi oleh pihak yang handal dalam berkomunikasi. Ada beberapa  medium penyampaian yang dapat dieksplor dalam bentuk cetak bergaya formal atau  informal seperti video. Review acara TEDx Jakarta dapat dilihat di https://vinnydubidu.wordpress.com/2017/06/11/tedxjakarta-niyata.

(Meifina, Pranata Humas Muda) 


Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI