LIPI Selenggarakan Inhouse Training Menulis Opini


Biro Kerjasama Hukum dan Humas (BKHH) bekerjasama dengan Media Indonesia mengadakan In House Training Menulis Opini pada 26-27 April 2017 di Bogor, Jawa Barat. Pelatihan dimaksudkan untuk mengembangkan ilmu yang dimiliki oleh peneliti di LIPI. Peneliti harus mempunyai kemampuan menuangkan ilmunya ke media dalam bentuk opini. Ada kutipan dari Pramudya Ananta Toer "Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian". Kutipan tersebut seolah ingin mengingatkan para peneliti untuk selalu menulis apa-apa yang dia pelajari untuk diketahui masyarakat lewat tulisan opini yang sederhana tetapi sarat informasi dan pengetahuan penting. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para peneliti LIPI, agar hasil-hasil penelitian mereka dapat diterjemahkan ke dalam tulisan opini yang mudah dipahami oleh masyarakat.

Ketika membuka pelatihan yang dihadiri oleh 25 peserta tersebut, Kepala Biro Kerjasama Hukum dan Humas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Nur Tri Aries Suestiningtyas mengatakan bahwa bila para ilmuwan bisa menulis opini di berbagai media massa, masyarakat luas akan mengetahui bagaimana sebenarnya sebuah ilmu itu berkembang. "Terlebih bagi ilmuwan yang ada di LIPI", tandasnya.

Tampil sebagai pembicara dari Media Indonesia, Usman Kasong, yang memberikan trik Teknik Menulis Opini. Komponen pembentuk opini menurut Usman terdiri atas perbendaharaan kata, tata bahasa, kohesi dan struktur teks. Usman mengatakan bahwa yang terpenting adalah kemauan untuk menulis dan menuangkan pemikiran ke dalam bentuk tulisan. Selain itu menulis opini harus didukung dengan cara berpikir yang logis. Di samping itu, pemilihan diksi yang tepat bisa membuat pembaca terbawa suasana yang dituliskan dalam opini. Syarat agar tulisan opini bisa dimuat antara lain ada cantolan peristiwa, sudut pandang menarik, pandangan yang orisinal dan kutipan. Demikian diungkapkan oleh Eko Supriyatno dari Media Indonesia.

(Meifina,Pranata Humas Muda)


Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI