LIPI Adakan Open Ship KR Baruna Jaya VIII di Sabang


LIPI memberikan kesempatan kepada masyarakat kota Sabang untuk melihat dari dekat kapal riset (KR) Baruna Jaya VIII di pelabuhan Sabang. Kegiatan yang bertajuk Open Ship KR Baruna Jaya VIII ini merupakan rangkaian Ekspedisi Indonesia Programme Initiative on Maritime Observation and Analysis (PRIMA) menempuh rute Jakarta - Samudera Hindia - Sabang dan Sabang - Piddie - Selat Malaka - Jakarta. Ekspedisi ini berakhir di kota Sabang pada tanggal 9 - 10 Maret 2017. Selama berada di Sabang ini, LIPI mengundang siswa-siswi SMP, SMA dan sederajat serta masyarakat umum untuk berkunjung ke KR BJ VIII.
Selain untuk menumbuhkan rasa cinta laut kepada generasi mudah, kegiatan ini juga bertujuan mengenalkan fungsi kapal riset dan peralatan risetnya kepada para pelajar dan masyarakat kota Sabang. Hal tersebut dinyatakan oleh Deni Sutisna selaku Kepala Bidang Diseminasi dan Pengelolaan Hasil Penelitian Puslit Oseanografi-LIPI. Open ship dihadiri sekitar 700 pengunjung yang dibagi menjadi dua sesi yaitu khusus untuk pelajar SMP dan sederajat di hari pertama. Sedangkan untuk pelajar SMA dan sederajat di hari kedua. Sementara itu, masyarakat umum boleh berkunjung baik di hari pertama maupun hari kedua.
Aida Fitria, salah seorang guru SMA Negeri 1 Sabang mengungkapkan kegembiraannya saat berkunjung ke KR Baruna Jaya VIII. Dirinya merasa senang karena kunjungan ini merupakan kesempatan dan kenangan yang sangat berarti bagi anak-anak didiknya untuk menambah rasa cinta mereka terhadap laut. Aida juga mengatakan materi-materi buku yang mereka peroleh sangat bermanfaat untuk menambah referensi di perpustakaan sekolah mereka, tambahnya. (dsa)

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI