LIPI Selenggarakan Simposium Internasional Tentang Western Pacific Ocean And Indonesian Through Flow


Pusat Penelitian Osenografi LIPI menyelenggarakan simposium bertaraf Internasional pada tanggal 5-6 Desember 2016 dengan topic Western Pacific Ocean and Indonesian Through Flow. Simposium dibuka oleh Kepala Pusat Penelitian Oseanografi LIPI Dr. Dirhamsyah, MA di Bali tepatnya Pullman Bali Nirwana Legian Hotel dan Resort.
Pelaksanaan simposium dilatarbelakangi oleh keberadaan laut Indonesia yang memiliki peran penting terhadap kondisi iklim dan cuaca pada perspektif regional dan global. Pendekatan ilmiah adalah kunci untuk memahami karakteristik laut Indonesia. Oleh karena itu, berbagai penelitian kelautan diperlukan untuk menjawab isu-isu global terkait perubahan iklim tersebut.
Studi ini membuka peluang kerjasama ilmiah internasional dan memperkuat kemitraan antar negara untuk mengatasi masalah perubahan iklim global demi kepentingan masyarakat internasional.
Dalam hal ini, Indonesia telah menjalin kerjasama dengan Cina terutama untuk melakukan riset kelautan di Indonesia. Kerjasama riset ini menggunakan kapal Baruna Jaya VIII, milik Puslit Oseanografi LIPI. Sejak 2014, Cina yang dimotori oleh Institut Oseanologi Chinese Academy of Sciences (IOCAS) telah melakukan kerjasama riset kelautan dengan Puslit Oseanografi LIPI.
Simposium ini akan memperkuat riset bersama di masa depan dan meningkatkan studi kelautan termasuk iklim regional ke tingkat yang lebih tinggi. Tujuan simposium adalah untuk menyediakan sebuah forum antar disiplin ilmu kelautan untuk analisis hasil riset di lapangan, menyaring isu ilmiah utama, memotivasi penelitian baru dan aplikasi serta berbagi ide kerjasama.
Hasil yang diharapkan dari simposium ini antara lain membungkus hasil ISS 2014-2016, merekomendaskan untuk menyelesaikan masalah ilmiah utama yang berhubungan dengan ISS, merekomendasi tentang topik yang relevan berikutnya pada ISS. Peserta simposium berjumlah sekitar 45 orang yang berasal dari berbagai instansi, antara lain Pusat Penelitian Oseanografi-LIPI, BPPT, Institut Pertanian Bogor (IPB), Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Oseanologi, Akademi Ilmu Pengetahuan Cina, Universitas Xiamen, Nanjing University of Information Science & Technology, Sun Yat-Sen University, Pusat Monsoon Sistem Penelitian, Institut Fisika Atmosfer, Akademi Ilmu Pengetahuan Cina, LASG, Institut Fisika Atmosfer, Akademi Ilmu Pengetahuan Cina, dan Korea Institute of Ocean Science dan Technology. (Agnes Febriani, Pranata Humas Penyelia, Puslit Oseanografi LIPI)

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI