LIPI Harapkan Kemendikbud Terapkan Materi Kelautan di Sekolah


Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) saat ini mengembangkan kurikulum maritim nasional. Kepala LIPI, Iskandar Zulkarnaen berharap produk materi pembelajaran tersebut dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran di sekolah-sekolah, terutama yang berada atau berdekatan dengan wilayah laut.
Menurutnya, materi pembelajaran tersebut akan mampu menambah informasi dan bahan ajar mengenai laut sekaligus lebih mendekatkan para siswa kepada aspek kelautan dalam pendidikan. Pendidikan kelautan saat ini masih terbatas, fokus kurikulum yang ada cenderung berorientasi ke darat .
Hal itu diungkapkan Dirhamsyah saat acara serah terima Materi pembelajaran kemaritiman yang dikembangkan oleh Komponen Edukasi Coral Reef Rehabilitation and Management Program-Coral Triangle Initiative (Coremap-CTI) dari Kepala LIPI kepada Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Totok Suprayitno di Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Jakarta, Senin, 17 Oktober 2016.
Kepala LIPI Iskandar Zulkarnaen mengatakan, Ini sebagai langkah untuk mulai mengembangkan kurikulum Kemaritiman Nasional. Output yang dihasilkan oleh LIPI bisa menjadi bahan untuk kurikulum tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) diharapkan dapat menerapkan materi kelautan bagi setiap jenjang sekolah di Indonesia.
(Meifina,Pranata Humas Muda)

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI