LIPI Resmikan Pusat Pelatihan Marine Biodiversity And Ecosystem Health


LIPI meresmikan Pusat Penelitian Regional Training and Research on Marine Biodiversity and Ecosystem Health (RTRC MarBEST Center) pada Senin, 17 Oktober 2016 di kantor Pusat Penelitian Oseanografi LIPI (P2O LIPI), Ancol,Jakarta. Turut hadir dalam peresmian adalah Deputi Ilmu Pengetahuan Kebumian (Deputi IPK-LIPI) serta Executive Secretary IOC Paris, Somkiat Khokkiattiwong (Chair the UNESCO/IOC Sub Commision for the Western Pacific/WESTPAC. Wenxi Zhu (Head and Programmer Specialist IOC WESTPAC, Arief Rachman (Komite Nasional Indoneisa untuk UNESCO/KNIU), Shabaz Khan (UNESCO Jakarta Office), perwakilan kedutaan negara sahabat, serta perwakilan kementrian dan lembaga.
Peresmian RTRC MarBEST Center) dilakukan oleh Kepala LIPI, Iskandar Zulkarnaen. Diungkapkan oleh Iskandar, Peningkatan kapasitas sumberdaya manusia kelautan sangat penting untuk dilakukan, dan ini merupakan mandat yang diberikan UNESCO kepada LIPI sebagai focal point pada IOC-Wespact, lembaga pelatihan yang berada di bawah kordinasi LIPI ini merupakan lembaga pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas peneliti muda khususnya di bidang keanekaragaman hayati dan kesehatan ekosistem laut.
Selain itu Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian (IPK) LIPI, Zainal Arifin menjelaskan, LIPI mendapatkan dukungan penuh dari UNESCO IOC dalam pendirian RTRC MarBEST Center melalui pemberian pelatihan bagi beberapa peserta regional Lautan Indonesia memiliki sumberdaya hayati yang sangat kaya di dunia.Harus diakui bahwa banyak potensi laut yang belum terungkap sehingga kita belum dapat memanfaatkannya. Untuk itu pelatihan kelautan sangat penting untuk terus didukung.
Disamping peresmian RTRC MarBEST Center, LIPI juga akan melakukan pelatihan yang berskala regional/internasional dengan tema Crustacean Taxonomy Training. Kepala P2O LIPI, Dirhamsyah yang juga merupakan Direktur UNESCO/IOC RTRC MarBEST Center menambahkan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan skill di bidang taksonomi bagi peneliti-peneliti muda Indonesia dan Negara-negara Asia Pasifik.
Pelatihan ini diikuti oleh 25 Peserta yang berasal dari Bangladesh, Kamboja, Tiongkok, Iran, Korea Utara, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam. Dijelaskan lebih lanjut oleh Dirhamsyah, tingginya antusiasme para peneliti negara lain untuk mengikuti pelatihan ini menunjukkan bahwa kapasitas peneliti Indonesia telah diakui dunia terutama di bidang penelitian biodiversitas laut, khususnya mengenai taksonomi biota laut.
e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI