Sosialisasi Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008
Setelah hampir tiga bulan melalui tahapan Pelatihan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 (2 Februari-1 Maret 2013 dan 6 -7 Maret 2013) hingga penyusunan dokumen bulan April, akhirnya Pusat Penelitian Oseanografi-LIPI memulai penerapan ISO 9001 : 2008 dan siap untuk disertifikasi. Sosialiasi penerapan ISO 9001 : 2008 ini berlangsung pada hari Jumat, 26 April 2013 dibuka oleh Kepala Pusat Penelitian Oseanografi-LIPI Dr. Ir. Zainal Arifin, M.Sc. yang duduk sebagai Manajer Puncak Penerapan ISO 9001 : 2008. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh staf Pusat Penelitian Oseanografi-LIPI. Dalam sambutannya, Zainal Arifin mengajak seluruh staf Pusat Penelitian Oseanografi-LIPI untuk mendisiplinkan diri, menghargai waktu dan menghargai sesama rekan kerja. Dengan adanya ISO diharapkan pekerjaan menjadi terstandar, yang esensinya pekerjaan yang kita hasilkan dapat dipercaya. Penerapan ISO ini mulai diberlakukan Senin, 29 Maret 2013. Tujuannya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan baik pelanggan internal (staf Pusat Penelitian Oseanografi-LIPI) dan eksternal (instansi lain). Pelanggan harus dijaga kepuasannya. Ini adalah salah satu konsekuensi logis dari penerapan ISO 9001:2008. ISO diterapkan guna mengukur peningkatan sasaran berkelanjutan dan peningkatan secara tepat. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung Reformasi Birokrasi yang saat ini sedang diterapkan LIPI.