Rencana Riset Integrated Marine Biogeochemistry And Ecosystem Research


Integrated Marine Biogeochemistry and Ecosystem Research (IMBER) dalam rilisnya yang termuat dalam situs www.imber.info/index.php/Science/Science-Plan memberikan empat tema riset utama terkait riset biogeokimia dan ekosistem.
Tema-tema riset ini ditujukan sebagai motor penggerak riset biogeokimia di dunia termasuk di Indonesia. Keempat tema riset tersebut adalah: 1) interaksi antara siklus biogeokimia dan jejaring makanan (food web); 2) sesnsitivitas pada perubahan global, seperti perubahan iklim, pengasaman air laut dan lain-lain; 3) Umpan balik dari sistem kebumian (secara khusus adalah peran biogeokimia dan ekosistem dalam pengaturan iklim global); 4) respon dan dampak sosial, yaitu keterkaitan antara siklus biogeokimia, ekosistem dan masyarakat.
Secara khusus, keempat tema riset tersebut ingin menjawab isu-isu strategis bidang biogeokimia di antaranya adalah Pertama, memahami bagaimana transformasi dan transportasi unsur yang terlibat dalam siklus biogeokimia terkait dengan dinamika jejaring makanan. Kedua, observasi dan analisis siklus biogeokimia laut dan ekosistem serta memahami dan memprediksi cara menanggapi tekanan kompleks terkait dengan perubahan global. Ketiga, memahami kapasitas saat ini dan masa depan dari laut untuk mengontrol sistem iklim melalui komposisi atmosfer dan penyimpanan panas laut. Keempat, memahami umpan balik (multiple feedback) dari manusia dan sistem laut. [ajw]
e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI