Peneliti Puslit Oseanografi LIPI Turut Sukseskan Sail Tomini 2015


Sebanyak 33 peneliti Puslit Oseanografi LIPI ikut menyukseskan acara Sail Tomini menggunakan Kapal Baruna Jaya VIII. Kegiatan bahari bertaraf internasional itu berlangsung dari tanggal 10 sampai 21 September 2015. Para peneliti tersebut berpartisipasi dengan melakukan riset kelautan yang dilaksanakan di Teluk Tomini, Kepulauan Togean sejak 10 – 17 September 2015. Objek kelautan yang diteliti meliputi mangrove, seagrass ,terumbu karang, crustacea, ikan, plankton, fisika, geologi, mikrobiologi dan bentos.
LIPI juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melihat dan mengenal dari dekat kecanggihan kapal Riset Baruna Jaya VIII melalui kegiatan openship yang digelar 18 September 2015.Selanjutnya kapal riset tersebut ikut bergabung dalam parade kapal layar pada 19 September 2015.
Sail Tomini diramaikan dengan 24 kegiatan meliputi ekspedisi riset kelautan, parade kapal perang, reli kapal layar, pameran diatas kapal penelitian dan seminar ilmiah. Acara puncak Sail Tomini akan diadakan di Parigi Moutong,sekitar 75 kilometer sebelah barat Palu, ibukota Provinsi Sulawesi Tengah. Presiden Joko Widodo menghadiri acara puncak Sail Tomini pada tanggal 19 September 2015.
Sebelumnya diadakan Festival Boalemo yang diadakan di Pantai Bolihutuo Provinsi Gorontalo, pada 10 September 2015. Festival ini diresmikan oleh Menteri Koordinator Kebudayaan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Puan Maharani. Dalam festival ini diterbitkan perangko Festival Boalemo.
Menteri Puan optimis event Sail Tomini dan Festival Boalemo akan membantu promosi pariwisata di dua provinsi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Dia juga mengatakan bahwa Sail Tomini tidak hanya menjadi sebuah upacara belaka, tapi harus memastikan bahwa acara ini bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan ekonomi daerah dan negara. Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menaruh harapan agar Sail Tomini dapat mempromosikan pariwisata dan investasi di Sulawesi Tengah dan Gorontalo.
Meifina
Pranata Humas Muda
e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI