Tren Dan Proyeksi Penelitian Biogeokimia Di Indonesia


Peneliti Pusat Penelitian Oseanografi, Dr. A'an J. Wahyudi, dalam salah satu publikasinya pada Indonesian Journal of Marine Sciences (Jurnal Ilmu Kelautan) mengungkapkan bahwa disiplin ilmu Biogeokimia merupakan bidang yang relatif baru, terutama di Indonesia. Oleh sebab itu, mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan global, disiplin ilmu biogeokimia perlu dipetakan tren tema riset untuk Indonesia di masa yang akan datang.
Berangkat dari kajian bibliometrik pada 1270 publikasi ilmiah yang terindeks di ISI Web of Science, A'an memetakan tren penelitian biogeokimia kelautan di dunia. Kajian tersebut kemudian dibandingkan dengan data topik-topik penelitian kelautan di Indonesia dan Asia Tenggara. Pada akhirnya diambil kesimpulan bahwa ada beberapa tema penelitian yang terkait erat dengan biogeokimia, yang di masa yang akan datang diperkirakan bisa menjadi tren penelitian di Indonesia.
Tema-tema tersebut antara lain: 1) ekologi dan peran biogeokimia mikroba, 2) sedimen dan materi organik, 3) perubahan iklim, pengasaman air laut dan pemanasan global, 4) produktivitas primer dan siklus biogeokimia. Secara spesifik, tema tersebut dapat terdiri dari topik-topik seperti: 1) kajian dampak pemanasan global atau pengasaman air laut pada komunitas biota atau ekosistem, 2) peran komunitas biota dalam siklus biogeokimia melalui transfer materi organik, dan lain-lain.
Secara detil, publikasi tersebut dapat diakses secara terbuka pada tautan berikut ini: http://ejournal.undip.ac.id/index.php/ijms/article/view/8514
e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI