Humas Puslit Oseanografi Intip Canggihnya Bandung Command Center "Ridwan Kamil"


Humas Puslit Oseanografi-LIPI melakukan kunjungan ke Bandung Command Center (BDC). Kunjungan dilakukan pada Jumat 28 Agustus 2015 untuk mengintip canggihnya BDC yang dirancang oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil. Kunjungan ke BDC adalah bagian dari rangkaian acara Kongres Humas se-Indonesia yang diadakan di Bandung pada 26 – 28 Agustus 2015.
BDC terinspirasi dari film-film Hollywood atau startrek dimana pengawasan kota cukup dengan menatap layar komputer dan pengoperasiannya dilakukan oleh ahli-ahli teknologi komputer. Sementara itu, untuk mengakses info kota, masyarakat cukup menggunakan komputer atau gadget yang terintegrasi ke internet.
Dalam command center tersebut terdapat banyak aplikasi yang bisa memonitor keadaan Bandung. Di dalamnya ada data cuaca, peta, video feed, special vihicles location, video analysis dan sebagainya. Contoh spesifiknya adalah penggunaan CCTV di jalan-jalan yang ada di Bandung. Melalui pengawasan kamera tersebut bisa diketahui pelanggaran lalulintas yang terjadi dan terekam oleh CCTV. Fungsi BDC adalah menyempurnakan pelayanan publik keluar dan memudahkan pelayanan ke dalam yakni manajemen pengambilan keputusan cepat.
Acara kongres Humas dihadiri sekitar 400 peserta dari seluruh Indonesia. Kongres dikoordinasi oleh kantor kementerian Kominfo. Beberapa pembicara antara lain Gatot S Dewa Broto dari kantor Kemenpora yang mempresentasikan topik presentasi Kompetensi Humas di Saat Situasi Krisis dan Andoko dari Tim Kepresidenan dengan presentasi berjudul Peran Pranata Humas di era digital serta beberapa pakar humas lainnya.
Meifina,S.Sos
Pranata Humas Muda
e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI