Seminar Series : Seascape Genetics of Grey Reef Sharks In The Indo-Pacific


Pusat Penelitian Oseanografi (P2O) LIPI menggelar acara seminar series ke 9 pada hari Jumat, 5 September 2014 yang dihadiri oleh peneliti di lingkungan P2O. Paolo Momigliano seorang kandidat P.hD dari Macquarie University berkesempatan menjadi presenter pada seminar kali ini dengan membawakan judul Seascape genetics of grey reef sharks in the Indo-Pacific.

Paolo menjelaskan bahwa hiu berperan sebagai pengontrol ekosistem laut, namun jumlahnya kian menurun karena penangkapan yang berlebihan. Salah satu contohnya adalah Grey Reef Sharks, spesies  hiu yang berada di kawasan Indo-Pasifik.

Dalam penelitiannya, Paolo menggunakan metode mikro satelit dari beberapa lokasi sampling di wilayah  Indo-Pasifik meliputi Australia, Chagos, Cocos, Palau dan beberapa lokasi di Indonesia seperti Halmahera, Misool dan Lombok. Paolo mengatakan bahwa dalam penentuan area konservasi hiu diperlukan kajian populasi genetik untuk mengetahui pola pergerakan (migrasi ) dari hiu. Menurut Paolo, hiu sering melakukan pergerakan keluar masuk dari area konservasi untuk mencari makanan. Hal ini sering dimanfaatkan oleh nelayan yang menangkap hiu di beberapa kilometer dari area konservasi di mana area tersebut diperbolehkan untuk melakukan penangkapan.

Paolo menambahkan bahwa penelitian mengenai hiu di kawasan Indonesia Timur sejauh ini sangat kurang. Sebagai hasil awal ia menyimpulkan bahwa di Wilayah Halmahera dan Misol sebagian besar terdapat hiu karang, sedangkan di wilayah Aru terdapat spesies laut dalam dan pesisir seperti shovelnose rays dan wedgefishes. (Riza & Rizky)
e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI