Kantor Dan Laboratorium Pusat Penelitian Oseanografi LIPI Diresmikan


Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof. Dr. Lukman Hakim meresmikan kantor dan laboratorium baru Pusat Penelitian Oseanografi-LIPI (23/06/14).. Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Kepala LIPI dan Sekretaris Utama LIPI, para Deputi di lingkungan LIPI, Kepala Badan Litbang Perikanan dan Kelautan, Pimpinan Dinas Hidro Oseanografi AL.
Dalam sambutannya, Kepala LIPI mengatakan bahwa penempatan lokasi Puslit Oseanografi-LIPI di Ancol merupakan jasa dan pemikiran visioner Bapak Ali Sadikin (Alm), Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta pada waktu itu. yang memetakan semua instansi yang bergerak di bidang kelautan dalam satu komplek Ilmu-ilmu Kelautan. LIPI juga akan memperbaiki infrastruktur laboratorium di Komplek Ancol ini paling tidak dua gedung laboratorium dalam lima tahun ke depan termasuk penyediaan kapal riset baru dalam upaya mendorong riset-riset oseanografi pesisir dan laut dalam.
Sementara itu, Deputi IPK-LIPI mengemukakan harapannya dengan pembangunan gedung baru ini kita bisa memiliki semangat baru dan output riset yang signifikan. Hal ini sesuai semangat reformasi birokrasi, yang tidak saja merubah struktur organisasi LIPI, tapi yang utama adalah merubah mindset, cara berpikir dan bertindak kita sebagai civitas LIPI. ‘Kita akan membentuk kelompok-kelompok penelitian yang merupakan gabungan peneliti dengan berbagai disiplin ilmu, sehingga kita dapat memberikan solusi-solusi bagi permasalahan yang terkait dengan masalah-masalah kelautan berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kita miliki’, tandasnya.
Kepala Puslit Oseanografi-LIPI mengatakan bahwa kekuatan SDM yang dimiliki oleh lembaga ini dapat merealisasikan visi lembaga menjadi salah satu intitusi riset kelautan yang unggul di tingkat regional. Beliau menjelaskan alasan gedung baru ini dibangun yaitu berdasarkan pertimbangan jumlah SDM yang makin meningkat dalam tujuh tahun terakhir sehingga dibutuhkan Kantor dan Lab untuk mengakomodasi peningkatan jumlah staf tersebut.
Gedung baru ini hanya dapat menampung tiga lab (genetika molekuler, produk alam laut, dan penginderaan jauh). Tiga ilmu ini sangat penting bagi pengembangan ilmu pengetahuan kelautan di Indonesia di masa yang akan datang. Masih ada delapan lab lagi yang belum mengalami perbaikan infrastruktur saat ini. Deputi IPK LIPI sangat mendukung dua lab ini (genetika molekuler dan produk alam laut) karena sangat penting dalam memberikan nilait ambah sumberdaya hayati laut. Sehingga suatu saat nanti kita dapat mengembangkan produk bahan obat atau makanan kesehatan yang bersumber dari keanekaragaman hayati laut.
Rahmadani
Humas P2O-LIPI
e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI