Humas Perlu Tingkatkan Peran Dan Kinerjanya


Empat masalah besar dalam diseminasi hasil penelitian, yaitu : pertama, hasil penelitian tidak diketahui publik. Kedua, sekalipun dipublikasikan namun tidak tepat sasaran. Ketiga, dipublikasikan tapi tidak memenuhi jumlah permintaan. Keempat, dipublikasikan tapi terlalu ilmiah sehingga sulit diterjemahkan ke dalam bahasa publik. Hal ini diungkapkan oleh Perwakilan Dirjen Kominfo di depan anggota Badan Koordinasi Humas Pemerintah (Bakohumas) dalam acara yang bertajuk ‘Diseminasi hasil-hasil penelitian LIPI dan Kunjungan Bakohumas ke Museum Zoologi’. ‘Antara penelitian dan diseminasi  hasil penelitian sama-sama memiliki kepentingan yang besar’, tandas perwakilan dari Dirjen Kominfo. Sementara itu Kepala LIPI Prof. Dr. Lukman Hakim mengingatkan kepada peserta bahwa tiga tahun ke depan adalah era kebangkitan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, peran humas sangat penting untuk mendukung hal ini. Bahkan beliau menyambut baik bahwa ke depan harus ada riset yang meneliti tentang kinerja humas di lembaga penelitian.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Biro Kerjasama dan Pemasyarakatan IPTEK (BKPI) – LIPI yang mengambil lokasi di Puslit Biologi, Cibinong (23/4/14). BKPI berupaya mengumpulkan perwakilan humas di lembaga pemerintahan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan jaringan kerjasama humas antar lembaga. Melalui kegiatan ini diharapkan hasil-hasil riset LIPI dapat terdiseminasikan kepada masyarakat. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala LIPI ini mendapat sambutan yang cukup hangat dari peserta Bakohumas. Pasalnya, banyak anggota Bakohumas yang belum mengenal LIPI secara dekat sehingga mereka begitu antusias mendengar paparan profil LIPI dan hasil-hasil risetnya yang disampaikan oleh Kepala BKPI-LIPI Ibu Nur Tri Aries Suestiningtyas. Diseminasi hasil-hasil penelitian LIPI selanjutnya dipaparkan oleh perwakilan dari Balai Besar Pegembangan TTG Subang tentang pengembangan usaha kecil mikro olahan pangan berbasis komoditas lokal,  UPT BPPTK-LIPI tentang makanan tradisional kaleng dan Puslit Geoteknologi-LIPI tentang peningkatan daya dukung sumberdaya air tanah untuk pemenuhan kebutuhan air bersih di daerah berkebutuhan air tinggi dengan metoda SIMBAT (Simpanan dan Imbuhan Buatan untuk Air Tanah).

Kegiatan diakhiri dengan kunjungan ke Museum Zoologi milik Puslit Biologi-LIPI yang berlokasi di Pusat Ilmu Pengetahuan Cibinong (Cibinong Science Center). Museum Zoologi  LIPI ini memiliki koleksi spesimen hewan terbesar ketiga di dunia yang berasal dari seluruh daratan nusantara. Koleksi ini masih akan terus dikembangkan sebagai bukti bahwa Indonesia kaya keanekaragaman fauna yang tidak dimiliki oleh negara-negara lain di dunia.

Humas P2O(Rahmadani)
e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI