Inilah Tiga Sivitas P2O LIPI Peraih Satya lancana Wirakarya dan The Future Leader


Jakarta, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tahun 2021 ini merayakan hari jadi yang ke-54 secara virtual melalui kanal zoom dan juga youtube. Hadir tamu undangan LIPI, steakholder, dan juga seluruh sivitas LIPI,  pada Kamis (26/8). Selama ini, sebagai lembaga riset terbesar dan tertua di Indonesia, LIPI tetap berkomitmen untuk selalu memberikan kontribusi terbaiknya di bidang penelitian untuk negara kesatuan Republik Indonesia. Untuk itu, pada HUT ini mengusung tema ‘Semangat Inovasi, Solusi Untuk Negeri’, dengan menampilkan berbagai capaian LIPI dalam menghasilkan inovasi sebagai bentuk bakti LIPI bagi negeri.

Pada kesempatan tersebut LIPI juga memberikan penghargaan kepada sivitas-sivitas terbaiknya dibidang penelitian, PNS inspiratif dan juga the Future Leader. Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian LIPI melalui Pusat Penelitian Oseanografi, ada dua peneliti yang memperoleh penghargaan Satya lancana Wirakarya dan satu peneliti, kategori The Future Leader dari LIPI.

Berdasarkan keputusan Presiden RI No. 87/TK Tahun 2021, peraih penghargaan Satya lancana Wirakarya di lingkungan LIPI tahun 2021 yaitu:

Pertama, Intan Suci Nurhati, menerima penghargaan atas dedikasinya dalam pengembangan bidang paleoseonografi. “Intan berperan aktif dalam pengembangan bidang Paleoseonografi melalui aplikasi penerjemahan arsip alam dengan sinyal Geokimia di terumbu karang, sehingga dapat memverifikasi proyeksi perubahan iklim dan laut untuk kelestarian ekosistem pesisir dan berkontribusi sebagai Lead Author Sixth Assessment Report Intergovernmental Panel on Climate Change PBB sebagai basis ilmiah untuk negosiasi iklim global.

 

Kedua, I Wayan Eka Darmawan, berperan aktif dalam bidang oseanografi melalui inovasi sistem monitoring mangrove dengan menggunakan formula Mangrove Health Index (MHI), dan aplikasi berbasis android Monmang pada smarthphone, sehingga meningkatkan kontribusi citizen scientist, dalam menilai dan melaporkan kondisi kesehatan Mangrove dengan mudah,real time dan effisien serta mendapatkan informasi jenis mangrove-mangrove dan potensi pemanfaatannya.

 

 

Berikutnya adalah penghargaan kategori PNS The Future Leader LIPI, diberikan kepada Muhammad Reza Cordova. Pengalaman Riset, Reza menekuni bidang pencemaran laut, khususnya sampah laut, mikro plastik, logam berat dan ekotoksikologi, hingga menghasilkan 535 sitasi (h-index 14 Google Scholar, h-index 8 Scopus) dengan 1 paten granted, dan berhasil meraih UKRI research grant (2020-2024), NERC research grant (2020-2023), IFI research grant (2020-2021), UT research grant (2019-2021), outstanding SEARCA scholar 2021, member HITACHI Award 2020, Best 3 Berita Satu Award 2020, 103 Most Indonesian Prospective Innovation. (rdn,ags/Ed:mtr)

 

e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI