Pelatihan Taksonomi Untuk Biota Laut: An Initial Step To Understand Our Marine Biodiversity


Pusat Penelitian Oseanografi LIPI telah menyelenggarakan pelatihan taksonomi biota laut yang dibuka oleh Kepala Pusat Penelitian (Puslit) Oseanografi-LIPI, Dr. Zainal Arifin  (Senin, 25/082014). Ketua panitia pelaksana pelatihan, Prof. Drs. Pramudji, M.Sc. melaporkan bahwa pelatihan taksonomi ini diikuti oleh 33 peneliti muda yang berasal dari Puslit Oseanografi, UPT di bawah Puslit Oseanografi, dan dari universitas.

Zainal Arifin dalam sambutannya berpesan agar peserta dapat mengikuti pelatihan dengan baik. Beliau juga menyampaikan bahwa ilmu taksonomi akan sangat berguna, tidak hanya mereka yang mendalami bidang taksonomi, melainkan juga mereka yang mendalami bidang lain yang bersentuhan dengan biota laut.

Pelatihan taksonomi tahun ini yang mengambil tema “An initial step to understand our marine biodiversity”, merupakan suatu langkah awal untuk memahami keanekaragaman hayati laut kita. Oleh sebab itu, pelatihan taksonomi ini bukanlah langkah instan membentuk taksonom. Taksonom memang spesialisasi yang perlu dibentuk dengan waktu  yang tidak pendek, dan pelatihan taksonomi semacam ini hanyalah langkah awal saja.

Pelatihan yang akan dijadwalkan selesai pada tanggal 2 September 2014 ini juga mendatangkan para ahli masing-masing di bidang taksonomi algae, plankton, mangrove, lamun, crustacea, echinodermata, ikan, koral dan moluska. Selama sembilan hari, para peserta akan mengikuti jadwal materi ruang (kuliah umum, pembekalan), materi lapangan (pantai Carita, Banten) dan laboratorium di Puslit Oeanografi-LIPI). Pihak panitia menyelenggarakan acara di dua tempat yaitu Hotel Bintang Griyawisata dan laboratorium di Puslit Oseanografi. (AJ. Wahyudi)
e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI