Empat Platform Kolaborasi Riset Internasional, Biodiversitas Laut dan Pesisir Indonesia


Jakarta, Humas LIPI. Indonesia adalah pusat biodiversitas laut dan pesisir dunia. Sejauh ini Indonesia mempunyai ribuan flora dan fauna laut dan pesisir, termasuk mikroba yang tidak terhitung jumlahnya. “Biodiversitas laut dan pesisir Indonesia yang begitu kaya, saat ini belum diiringi dengan eksplorasi, pengelolaan, dan pemanfaatan yang maksimal. Dalam hal ini, kolaborasi riset merupakan salah satu langkah yang sangat penting dan dibutuhkan”, jelas Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Laksana Tri Handoko, dalam International Symposium on Coastal and Marine Biodiversity (ISCOMBIO) 2020 “Present and Future of Indonesian Coastal and Marine Biodiversity as a National Treasure” yang diselenggarakan secara daring pada Kamis (17/9).

Handoko mengatakan, Kolaborasi riset antara LIPI melalui Pusat Penelitian Oseanografi (P2O) bersama dengan mitra dari Marine Biodiversity, Exploitation and Conservation Perancis (MARBEC, Univ. Montpellier, CNRS, IFREMER, IRD) berencana melakukan kerja sama membentuk Laboratorium Bersama Internasional yang bernama International Joint Laboratories-SEntinel LAboratory of the Indonesian MArine BiodiversiTy (IJL-SELAMAT). “Proyek IJL-SELAMAT merupakan suatu kegiatan yang akan memperkuat kapasitas labolatorium bersama untuk menunjang riset biodiversitas kelautan, terutama untuk biota dan ekosistem sentinel perairan  Indonesia”, ungkap Handoko. Proposal pendanaan kerjasama ini masih diajukan pada pihak IRD untuk bersaing dengan berbagai program kerjasama lainnya.

Laurent Pouyaud, The Research Institute for Development, Perancis, mengatakan kerja sama Laboratorium Bersama Internasional ini untuk meningkatkan fasilitas laboratorium P2O LPI  dan pelatihan antar anggota jaringan. Kegiatan akan di danai oleh Institut de Recherche pour le Développement (IRD) selama kurun waktu 2021-2025. “ Melalui proyek ini akan diketahui, status terkini dan masa depan biodiversitas laut dan pesisir Indonesia sebagai harta karun nasional untuk kesejahteraan umat manusia dan pelestarian alam”, jelas Pouyaud.

Selanjutnya Pouyaud menyebutkan, proyek IJL SELAMAT akan membagi empat platform kegiatan, yaitu: Pertama,  Platform jejaring observasi nasional (DIVA Network) untuk riset lapangan dan pemantauan spesies dan ekosistem sentinel di perairan Indonesia. Kedua, Platform Laboratorium Genetik Molekuler Kelautan  (LGMK-P2O LIPI) untuk penguatan sarana dan prasarana laboratorium serta untuk peningkatan kapasitas riset laboratorium para peneliti kelautan di Indonesia.  Sampel yang dikumpulkan oleh peneliti, jaringan observasi, dan proyek penelitian terkait lainnya akan dianalisis di laboratorium untuk tujuan penelitian genomik dan genetik populasi. “Platform tersebut juga akan digunakan untuk melatih para peneliti Indonesia yang terlibat dalam proyek ini”, paparnya

Berikut rencana kegiatan, Ketiga, Platform elektronik (cMOOC) untuk manajemen IJL-SELAMAT, pelatihan dan peningkatan kapasitas. “Tujuan utamanya adalah untuk memperkuat kapasitas penelitian mitra Indonesia dan anggota jaringan observasi melalui penerapan kursus online terbuka yang menghubungkan (cMOOC) dan pelatihan ilmiah khusus yang diperlukan untuk mendukung Platform Kedua”, rinci Pouyaud.

Kemudian, Keempat, Platform interaksi biokultural. Sebuah platform interaksi biokultural dan pengetahuan lokal untuk studi dan pemantauan spesies dan ekosistem sentinel. “Platform ini akan membangun sinergi antara ilmu alam dan ilmu sosial dan komunitas lokal melalui pengamatan jangka panjang terhadap spesies dan ekosistem sentinel”, lanjutnya.

Di akhir presentasi, Pouyaud menegaskan bahwa IJL-SELAMAT akan melibatkan 28 ilmuwan Indonesia dan 23 ilmuwan Perancis. “ Kerjasama internasional ini  diharapkan dapat menjadi blueprint dalam kegiatan kerjasama riset biodiversitas kelautan sejenis, khususnya di lingkup Asia Tenggara”, tutup Pouyaud. (mtr/sys) 

e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI