Mahasiswa ITB Berkunjung Ke Puslit Oseanografi-LIPI


Tanggal 4 November 2013 lalu, Pusat Peneltian Oseanografi LIPI menerima kunjungan  mahasiswa Fakultas Ilmu Kelautan dan Kebumian Institut Teknologi Bandung (ITB). Kunjungan dilakukan dalam rangka menambah wawasan mereka di bidang oseanografi khususnya mahasiswa yang mempelajari materi Oseanografi Biologi. Kunjungan ini merupakan bagian akhir dari rangkaian kegiatan kuliah lapangan yang telah diagendakan oleh Program Studi Oseanografi, Fakultas Ilmu Kelautan dan Kebumian ITB.  Ketua Program Studi Oseanografi, Dr. Mutiara Putri mengatakan bahwa kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat dari dekat bagaimana kegiatan penelitian kelautan khususnya yang terkait dengan biologi oseanografi. Menurutnya, ITB sendiri belum memiliki fasilitas yang memadai penelitian yang terkait dengan biologi oseanografi.  Jumlah mahasiswa yang berkunjung mencapai 80 orang. Kunjungan rombongan mahasiswa tersebut, diterima oleh Kepala Sub Bagian Jasa dan Informasi, Muhamad Jafar Elly, M.Si. mewakili Kapuslit Oseanografi-LIPI.


Selain sambutan juga dipaparkan sekilas perjalanan Pusat Penelitian Oseanografi LIPI   oleh Pak Jafar. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi tentang Oseanografi oleh Adi Purwandana M.Si. dan  Ir. Tumpak Sidabutar, M.Si. yang mempresentasikan tentang Oseanografi Biologi. Sebelum berkunjung ke Puslit Oseanografi-LIPI para mahasiswa tersebut telah melakukan ekskursi ke UPT Loka Pengembangan SDM Pulau Pari yang merupakan salah satu UPT milik Puslit Oseanografi-LIPI.
Kunjungan kali ini adalah merupakan kunjungan terbanyak kedua setelah sebelumnya  Puslit Oseanografi-LIPI menerima kunjungan dari  mahasiswa Jurusan Ilmu Kelautan, Program Studi Oseanografi Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Diponegoro (UNDIP) dengan jumlah sekitar 120 mahasiswa.  Hal ini menunjukkan bahwa minat dari kalangan akademik  masih tinggi untuk mengetahui dan mengenal lebih dekat bidang oseanografi di Puslit Oseanografi-LIPI . Diharapkan dengan kunjungan ini akan lebih memberikan semangat bagi para mahasiswa untuk mempelajari dan mendalami ilmu kelautan. Sebagaimana diketahui, laut Indoesia memiliki kekayaan yang luar biasa besarnya sehingga pantaslah kalau generasi muda Indonesia wajib mengetahui, mempelajari dan mengembangkan potensi yang ada di dalamnya kemajuan bangsa Indonesia. (siti023, humas).

e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI