Kunjungan Universitas UIN Syarif Hidayatullah Jakarta


Pada 23 Juli 2019 telah berkunjung 81 mahasiswa dan dosen pembimbing dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, jurusan Biologi, Universitas Islam Negri, Syarif HIdayatullah  Jakarta. Kunjungan dimaksudkan untuk menggali informasi tentang  materi pengetahuan yang dapat menunjang mata kuliah avertebrata dan taksonomi tumbuhan tingkat rendah.

Dalam sambutannya , Irfan Kampono, Kepala Sub Bidang Sarana Perkapalan, mewakili Kepala Pusat Penelitian Oseanografi LIPI mengungkapkan “Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kejuruan, Universitas Islam Negri, Syarif HIdayatullah  Jakarta, fakultas Tarbiyah dan Kejuruan , jurusan biologi , khususnya untuk memperoleh pengetahuan tentang  avertebrata laut,  sangat tepat berkunjung ke Pusat Penelitian Oseanografi LIPI sebagai lembaga kelautan tertua di indonesia unutk  menambah pengetahuan tentang berbagai macam biota veterbrata laut” ujar Irfan.

Dilanjutkan oleh Irfan, Indonesia terdiri dari 17500 pulau kecil dan besar serta memiliki garis pantai terpanjang no.2 di dunia setelah negara Kanada, tentunya tidak mudah mengeksplore mega biodiversitas laut bila tidak  didukung dengan  sarana prasarana seperti kapal riset.

Presentasi disampaikan oleh Inayat Al Hakim, peneliti zoologi, memaparkan tentang meroplankton yaitu fase larva hidup sebagai plankton, ketika dewasa hidup sebagai bentik di daerah perairan. Sedangkan holoplankton yaitu fase plankton selamanya hidup sebagai plankton melayang di kolom air. (mfn)

 

e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI