Puslit Oseanografi LIPI Sukseskan Sail Nias Expo 2019


Untuk mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), melalui Pusat Penelitian Oseanografi (P2O), turut mendukung dan ikut serta dalam kegiatan Sail Nias Expo 2019, yang diselenggarakan di Nias Selatan-Sumatera Utara, pada  tanggal 11 sampai 14 September 2019.Seiring dengan pelaksanaan Sail Nias Expo 2019 ,  P2O LIPI juga melaksanakan Diseminasi Buku Muatan Lokal (Mulok) Kelautan tingkat SD utk perwakilan SD-SD di Kabupaten Nias
Selatan.

Pengetahuan tentang laut sebagai titik tolak pendidikan kelautan, menginspirasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui program Coral Reef Rehabilitation and Management Programm (COREMAP) Coral Triangel Initiative (CTI) untuk mengembangkan berbagai literasi kelautan yang salah satunya adalah Serial Buku Pesisir dan Laut Kita Tingkat SD. Namun sayangnya dengan keterbatasan dan bukan sebagai tugas pokok dan fungsi LIPI, buku-buku tersebut tidak dapat terdistribusi di seluruh lokasi wilayah pesisir dari barat sampai dengan timur Indonesia yang salah satunya adalah Kabupaten Nias Selatan.

Seiringan dengan pelaksanaan Sail Nias Expo 2019, Pusat Penelitian Oseanografi (P2O) LIPI, memanfaatkan kesempatan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Selatan melakukan kegiatan Diseminasi Serial Buku Pesisir dan Laut Kita Tingkat SD. Kegiatan ini dilaksanakan pada 12 September 2019 di Sekolah Dasar 071098, Kecamatan Teluk Dalam, dengan mengundang sejumlah 65 SD-SD sekitar lokasi pameran.

Peneliti Pusat Penelitian Oseanografi (P2O), Indra Bayu Vimono, mengatakan bahwa buku ini adalah buku yang dikembangkan oleh LIPI yang digunakan untuk menjadi dasar agar anak-anak didik kita mengenal wilayah kita sendiri. “Kepada bapak dan ibu guru, inilah masa depan anak-anak didik kita dititipkan,” Ujar indra.

Sebagai informasi, serial buku ini telah dilaunching pada tahun 2016, dan telah didistribusikan ke seluruh lokasi COREAMAP CTI LIPI. Serial buku ini pun telah diserahkan ke Pusat Kurikulum Kemendiknas dengan harapan bisa dicetak dan distribusikan keseluruh Indonesia.

Buku ini untuk tingkat SD yang terdiri dari kelas 1 s/d 6. Sebagai salah satu literatur kelautan bagi Indonesia, semoga buku ini dapat bermanfaat bagi Kabupaten Nias Selatan”, ujarnya. Indra menambahkan, dirinya sangat mengapresiasi kehadiran dan antusias bapak dan ibu guru yang bisa meluangkan waktu pada pertemuan ini ditengah-tengah kesibukan persiapan kegiatan Wonderful Sail Nias 2019.

Perwakilan penulis buku, Dwi Sekar Asih, mengatakan bahwa diseminasi buku ini tidak bermaksud untuk menambah beban bapak dan ibu guru dalam memberikan pelajaran di sekolah. “Buku yang sudah menyesuaikan dengan kurikulum 13 ini bisa disesuaikan dan diaplikasikan dengan tema-tema pelajaran yang sedang berlangsung disekolah. Selain itu buku ini juga bisa menjadi buku referensi yang bisa dibaca oleh semua guru disekolah,” jelas Dwi yang juga Pranata Humas Biro Kerja Sama, Hukum dan Humas LIPI.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Selatan, Nurhayati Telaumbanua mengucapkan terima kasih atas perhatian Tim LIPI khususnya mengenai pendidikan kelautan Tingkat SD di Kabupaten Nias Selatan. “Kita berharap buku ini bisa bermanfaat bagi generasi-generasi muda Nias Selatan, dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para bapak dan ibu guru. Kepercayaan yang diberikan kepada Bapak dan Ibu guru ini diharapkan dapat diaplikasi dengan baik kepada anak didik kita di Kabupaten Nias Selatan ini, dan kerjasama ini semoga tidak hanya berhenti sampai disini”, ujarnya (dsa)

e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI