Kunjungan Universitas Buana Perjuangan Karawang


Beberapa waktu lalu, dosen dan mahasiswa Fakulttas Teknologi Ilmu Kelautan Universitas Buana Perjuangan Karawang melakukan kunjungan ke Puslit Oseanografi LIPI, Jakarta (Kamis,18/10/18).  Kunjungan bertujuan untuk  memperoleh informasi berbagai  penelitian yang telah dilaksanakan di laboratorium Produk Alam Laut. Rombongan yang dipimpin oleh Sunandar itu diterima oleh Kepala Bidang Sarana Penelitian mewakili Kepala Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Mulyanto. 

Dalam kesempatan kunjungan tersebut, diputarkan diputarkan video  tentang sejarah Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, riset unggulan, pengenalan ekosistem pesisir dan laut, ciri-ciri utama riset oseanografi, sarana penelitian yang dimiliki P2O, pengenalan kapal riset Baruna Jaya VIII, kegiatan penelitian, serta publikasi dan visi masa depan Pusat Penelitian Oseanografi LIPI.

Salah seorang peneliti dari Laboratorium produk alam laut Murniasih, memaparkan tentang relevansi Riset, terkait dengan upaya penyediaan informasi ilmiah dengan pengembangan komoditas teripang sebagai makanan kesehatan. Mengingat makin meningkatnya konsumsi masyarakat terhadap suplemen tersebut. Saat ini Indonesia masih tergantung pada produk import. Penelitian ini berfokus pada jenis Stichopus vastus dan Holothuria atra hasil tahun 2016-2018. Tersedianya tiga Formula produk (kapsul, cair dan jelly). Penelitian ini  telah diuji dari segi kestabilan produk , keamanan produk luaran, prototipe suplemen kesehatan

Kunjungan dilanjutkan dengan peninjauan ke laboratorium produk alam laut yang berada di lantai IV gedung Pusat Penelitian Oseanografi LIPI (Meifina, Pranata Humas Muda)

 

e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI