Peneliti Puslit Oseanografi LIPI Presenter Terbaik di PIT ISOI XV 2018


Arief Rachman, Peneliti Pusat Penelitian Oseanografi LIPI menjadi Presenter Terbaik  I Oral Presentation pada acara Pertemuan Ilmiah Tahunan – Ikatan Sarjana Oseanologi Indonesia (PIT – ISOI) di Yogyakarta yang diselenggarakan pada 1 – 3 November 2018. Judul paper Arief yaitu  “Reference Collection for Plankton sebagai acuan Taksonomis dan Catatan Kondisi Kesehatan Perairan di Indonesia “. Sedangkan Charlie Ester de Fretes memenangkan Presenter Terbaik  3 pada Flash Presentation dengan judul paper “Isolasi Bakteri Toleran Logam Berat dari Sedimen Mangrove di Pengudang dan Tanjung Uban,Pulau Bintan Indonesia”

PIT ISOI diselenggarakan di hotel Eastparc Yogyakarta.  Jumlah paper yang dipresentasikan berjumlah 233 paper.Tema pertemuan tahun ini  yaitu  “Ilmu dan Teknologi Kelautan untuk Pembangunan Berkelanjutan”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh ISOI pusat bekerjasama dengan Pengurus ISOI Komisariat Daerah (KOMDA) Yogyakarta dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Topik yang dibahas yaitu Hidro-Oseanografi; Penginderaan Jauh; dan Iklim Maritim, Perikanan Tangkap; dan Budidaya perikanan,  Bioteknologi; Biodiversitas; Ekologi Laut; dan Pencemaran Perairan,  Instrumentasi Observasi; Geologi/Geofisika; Sumberdaya Mineral dan Energi; dan Kebencanaan,  Tata kelola Wilayah Pesisir dan Laut; Kebijakan Kelautan; dan Sosial Ekonomi Perikanan,  Ocean Renewable Energy serta  Spesial sesi neotektonik gempa Palu dan Lombok  

Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) XV ISOI 2018 ini mengangkat isu internasional, yaitu kesehatan lingkungan laut dan isu nasional berupa pembangunan kemaritiman Indonesia sebagai implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) maritim. Pertemuan ilmiah ISOI ini direncanakan sebagai pertemuan semi internasional untuk mendiseminasi hasil-hasil penelitian dari Indonesia maupun luar negeri yang dianggap relevan dengan isu lingkungan, kelautan, perikanan Indonesia, dan industri maritim.

Sebagai organisasi profesi yang bergerak di bidang kelautan dan perikanan, ISOI  memberikan masukan kepada pemerintah mengenai peran bidang kelautan dan perikanan dalam pembangunan Indonesia berkelanjutan. ISOI diharapkan memberi rekomendasi kepada pemerintah akan pentingnya menjaga keseimbangan pemanfaatan sumber daya alam, hayati dan non hayati, dengan kesehatan lingkungan laut untuk mengurangi dampak perubahan iklim. Masukan dari ISOI yang berdasarkan kajian dan hasil penelitian yang teruji menjadi sangat penting dalam rangka implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) maritim di Indonesia. 

(Meifina,Pranata Humas Muda)

e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI