LIPI Masa Kini Dan Masa Depan, Apa Dan Dimana LIPI ?


Lembaga Imu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai lembaga riset utama di Indonesia diharapkan mampu berkiprah secara global, tetapi pada saat yang sama harus mampu menjadi penyedia solusi berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) untuk mengatasi berbagai masalah di masyarakat. Dengan kata lain tugas utama menjadikan LIPI sebagai lembaga riset yang mengglobal sekaligus memasyarakat. Hal itu disampaikan Kepala LIPI Dr. Laksana Tri Handoko dalam kunjungan kerjanya di Pusat Penelitan Oseanografi (Puslit) LIPI di Ancol, Selasa (24/7/18).

Kunjungan kerja ini dimaksudkan untuk bersilaturahim sekaligus pengenalan sebagai Kepala LIPI yang baru menggantikan Prof. Dr. Ir. Iskandar Zulkarnaen (Alm.) Acara ini dihadiri Kepala Pusat Penelitian Oseanografi LIPI dan seluruh pegawai Pusat Penelitian Oseanografi LIPI. Dalam kunjungannya, Kepala LIPI didampingi Deputi Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan.

Ada tiga masalah utama yang disampaikan Handoko terkait manajemen riset di lingkungan LIPI, yakni restrukturisasi organisasi, sumber daya manusia dan anggaran. Inti masalahnya adalah bagaiman menjadikan LIPI masa kini dan masa depan agar lebih baik dengan dukungan sumber daya manusia yang mumpuni sehingga bisa bersaing secara global.

Untuk mencapai hal itu, dia menyebutkan bahwa ada beberapa prioritas yang perlu dilakukan LIPI. Pertama, melanjutkan pembenahan manajemen riset di internal LIPI mengikuti norma dan standar global. Kedua, mempercepat peningkatan kapasitas dan kompetensi riset melalui peningkatan kualifikasi sumber daya manusia (SDM), perekrutan diaspora secara masif dan kolaborasi dengan mitra dari dalam dan luar negeri. Ketiga, meningkatkan peran LIPI sebagai penyedia infrastruktur,  riset nasional, dan hub kolaborasi untuk aktifitas kreatif berbasis iptek yang terbuka bagi semua kalangan baik akademisi, masyarakat maupun industri.

(Meifina, Pranata Humas Muda)

 

e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI