Puslit Oseanografi LIPI Jalin Kerjasama Dengan Pharma-Mar


Dalam rangka hilirisasi research bioprospeksi laut Pusat Penelitian Oseanografi LIPI melakukan kerjasama dengan Pharma-Mar. Pharma-Mar adalah sebuah Industri farmasi yang  memproduksi obat antikanker yang dihasilkan oleh biota laut, berlokasi di Madrid Spanyol. Penandatanganan MoU dilakukan pada hari Kamis, 6 Juli 2018 di kantor Pharma-Mar, Madrid Spanyol.

MoU ditandatangani oleh  Dr. Dirhamsyah selaku Kepala Pusat Penelitian Oseanografi LIPI  dan Presiden Pharma-Mar Dr. Jose Maria Fernandez Sousa-Faro. Penandatanganan MoU disaksikan oleh Duta besar Indonesia untuk Spanyol Drs. Hernowo, MA, Wakil Kepala LIPI Prof. Dr. Bambang Subianto, Deputi Ilmu Kebumian Dr. Zainal Arifin dan Direktur Pendidikan tinggi, Ilmu Pengetahuan dan tehnologi Bapenas, Dr. Amich Alhumami, MA, M Ed.

Adapun tujuan dilaksanakan kerjasama ini antara lain mempercepat tercapainya output hasil penelitian khususnya  untuk mendapatkan obat baru antikanker dari biota laut Indonesia. Selain itu kerjasama ini dapat meningkatkan kemampuan peneliti dalam riset hilirisasi “marine natural product”  khususnya mengetahui (know how) bagaimana suatu hasil riset bioprospeksi menjadi produk obat. Diharapkan dalam kerjasama ini selain memperoleh  suatu kandidat obat kanker dari sumberdaya laut Indonesia juga dapat semakin mempererat hubungan antara Indonesia dan Spanyol, khususnya bidang ilmu pengetahuan.

 

e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI