LIPI Gelar Peringatan Hari Terumbu Karang Dunia Di Ancol


Hari terumbu karang dunia yang jatuh pada tanggal  7 Mei 2018 diperingati oleh berbagai negara termasuk Indonesia. Dalam rangka memperingati Coral Day tersebut, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Oseanografi dan COREMAP-CTI bekerjasama dengan Sea World Ancol mengadakan berbagai kegiatan menarik bernuansa edukasi untuk mengajak masyarakat menjaga kesehatan terumbu karang. Tema yang diusung tahun ini   “Lautku Bersih, Terumbu Karangku Sehat”.

Acara dibuka oleh Direktur PT. Pembangunan Ancol, Paul Tehusijarana.  Dalam sambutannya, Paul berharap kegiatan ini dapat memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat, khususnya peserta yang hadir yang mayoritas siswa sekolah untuk menjaga kelestarian terumbu karang Indonesia. “Semoga lewat acara ini kami juga memajukan pariwisata Indonesia,” demikian ungkapnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Deputi IV bidang Kordinasi SDM,IPTEK dan  budaya maritim, Dr. Safri Burhanudin,  Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian LIPI, Dr. Zainal Arifin, M.Sc. dan Kepala Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Dr. Dirhamsyah, MA.
 
Kepala Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Dirhamsyah mengungkapkan bahwa penyebab kerusakan area terumbu karang itu beragam, mulai dari faktor alami lingkungan hingga faktor antropogenik atau perbuatan manusia.

Coral day di Sea World ini dihadiri sekitar 250 peserta dari 15 Sekolah Dasar.  Rangkaian acara meliputi mendongeng,  menggambar bertema terumbu karang, coral reefs educational kits untuk para guru, serta talkshow untuk mahasiswa dan masyarakat. Kegiatan yang bersifat  edukasi ini  dapat mengajak masyarakat  untuk menghargai karang tidak hanya karena keindahanya, tetapi juga manfaatnya sebagai kapsul waktu dan mengajak masyarakat untuk turut serta dalam mengurangi limbah sampah dengan mengubahnya menjadi keuntungan.

Sebelumnya juga telah diadakan kegiatan bersih  pantai dan terumbu karang di Pulau Pari, Kepulauan Seribu. Aktivitas yang diselenggarakan oleh Loka Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Oseanografi (LPKSDMO) LIPI ini turut mengundang (Miss Scuba) Putri Selam Indonesia, Sapari (Sahabat Pari) dan komunitas penyelam.  Kegiatan bersih pantai berhasil mengumpulkan sampah plastik sebesar 194 kg.

Ada pula lomba mewarnai untuk siswa Taman Kanak Kanak  (TK) dan Sekolah Dasar (SD) di kota Bitung,Sulawesi Utara yang diadakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Loka Konservasi Biota Laut (LKBL) Bitung LIPI pada 2 Mei 2018. Selain itu diadakan pula kegiatan bersih pantai dan penyuluhan kepada masyarakat  yang dilaksanakan oleh UPT LKBL Biak LIPI pada 5 Mei 2018

Kegiatan Coral day diharapkan terus berlanjut dan memberikan penyadaran tentang pentingnya menjaga kelestarian terumbu karang yang saat ini masih terancam kerusakan. (Meifina, Pranata Humas Muda)

 

e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI