Puslit Oseanografi LIPI Selenggarakan Sarasehan Dugong


Pusat Penelitian Oseanografi LIPI bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Institut Pertanian Bogor (IPB) dan World Wild Foundation (WWF) pekan lalu (19/04/18) mengadakan sarasehan dugong. Kegiatan ini  merupakan bagian dari Dugong and Seagrass Conservation Project (DSCP). Tujuan sarasehan adalah untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan minat publik di tingkat nasional terkait upaya konservasi dugong  dan padang lamun di Indonesia.Selain itu, untuk mengenalkan bentuk-bentuk partisipasi publik melalui bidang teknologi, perfilman, dan sastra. Sarasehan dihadiri 50  peserta dari kalangan birokrasi, akademisi, peneliti, penggiat lingkungan, komunitas drone, travel bloggers, media, Komunitas Marine Buddies, dan mahasiswa.
 
Dalam acara terebut, ditampilkan film pendek tentang Kawasan Konservasi Duyung Suaka Alam Perairan (SAP) Selat Pantar.  Film yang diproduksi oleh Bimbo dan Chafiz berkisah tentang Arifin Putra, aktor sekaligus Duta Dugong dan Lamun, mewawancarai tokoh-tokoh masyarakat di Alor, Nusa Tenggara Timur, tentang upaya konservasi duyung, lamun, dan ekosistem laut dan pesisir.

Dalam kapasitasnya sebagai Duta Dugong Indonesia, Arifin tampil sebagai pembicara dan menjelaskan bahwa film pendek ini dibuat sebagai salah satu cara untuk tingkatkan kesadaran masyarakat  tentang salah satu kawasan Konservasi perairan di Indonesia yang terdapat duyung dan lamun. Lebih lanjut, Arifin mengajak Sobat Bahari di Indonesia untuk ikut menjaga dan menyelamatkan dugong.

Upaya konservasi dugong dan habitat lamun dilakukan oleh Pusat Penelitian Oseanografi LIPI bersama dengan   WWF,  IPB didukung oleh lembaga internasional, United Nation Environment Programme Conservation  Migratory Species (UNEP-CMS) dan Mohamed bin Zayed Species Conservation Fund  (MbZ)

(Meifina,Pranata Humas Muda).

 

e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI