Master Class Series: Interaktif edukasi bagi publik


Melalui kegiatan Master Class Series "Coastal and Marine Resources Management for Sustainable Development", Loka Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Oseanografi - Pusat Penelitian Oseanografi menyapa lebih dari 500 orang pegiat oseanografi dari berbagai sektor. Kegiatan yang dikemas secara menarik serta disiarkan secara langsung dari auditorium Perpustakaan Nasional RI Jakarta ini mengundang banyak viewer di media online Youtube melalui akun Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia - LIPI. Meskipun tidak berkesempatan hadir di lokasi Master Class secara langsung, masyarakat bisa dengan mudah belajar oseanografi melalui perangkat elektroniknya masing-masing.

Pada Master Class hari pertama, 6 Maret 2018 terdapat 150 orang peserta dan 490 viewer di channel Youtube LIPI. Peserta kegiatan ini merupakan mahasiswa, dosen, peneliti, dan beberapa aktivis lingkungan yang tergabung dalam NGO maupun industri. Diskusi berjalan dengan sangat dinamis menyambut paparan presentasi oleh Dr. Udhi Eko Hernawan tentang Marine Biodiversity in Indonesia: Current Status and Future Direction dan M. Reza Cordova yang membahas tentang Microplastics: Tiny Monsters of Our Oceans.

Dr. Udhi banyak bercerita bagaimana Indonesia bisa menjadi pusat biodiversitas laut di dunia pada saat ini. Berbagai pengaruh geologi, oseanografi, serta ancaman manusia menjadi faktor-faktor yang mempengaruhi distribusi geografis biota laut. Tidak kalah menarik, Reza membahas dampak mikroplastik bagi biota laut serta bagaimana cara konkret mengurangi sampah laut melalui hal-hal yang sederhana. Peserta dibuat kaget mengetahui bahwa penggunaan pasta gigi dan sabun pencuci muka merupakan salah satu sumber pencemar mikroplastik.

Kegiatan Master Class yang merupakan kerjasama antara UNESCO, Japan Fund In Trust, dan LIPI berlangsung selama 2 hari. Pada hari kedua, 7 Maret 2018 Dr. Intan Suci Nurhati akan membahas tentang Double Trouble: Warmer and Acidifying Oceans dan Evi Amelia Siahaan akan membahas tentang Future Foods from The Oceans.

Harapan kami pada hari kedua ini jumlah peserta Master Class yang hadir di Perpusnas RI maupun peserta yang mengikuti kegiatan Live Streaming melalui Youtube lebih ramai daripada hari pertama. Kini edukasi kelautan tak hanya bisa diperoleh melalui bangku kuliah, melainkan juga melalui berbagai bentuk edukasi yang bisa ditampilkan secara interaktif menggunakan media sosial. (corvianawatie,2018)

 


Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI