Mahasiswa Universitas Indonesia Kunjungi Puslit Oseanografi LIPI


Sebanyak dua puluh mahasiswa dari Badan Semi Otonom SIGMA–B Universitas Indonesia melakukan kunjungan ke Pusat Penelitian (Puslit) Oseanografi LIPI, Selasa (30/01/2018).  Kunjungan tersebut bertujuan untuk melihat laboratoirum sekaligus ingin mengetahui topik topik penelitian yang sedang berjalan di bidang oseanografi. Selain itu, mahasiswa ingin berdiskusi mengenai isu-isu kelautan yang sedang hangat dibicarakan dan bagaimana cara berkontribusi sebagai mahasiswa dan warga negara Indonesia.

Saat menerima kunjungan, Kepala Sub Bidang Diseminasi dan Kerjasama Puslit Oseanografi memaparkan profil lembaga kepada rombongan mahasiswa tersebut.  Selanjutanya, dua orang peneliti Oseanografi mempresentasikan materi tentang riset marine biomedicine dan marine debris dan mikroplastik .  Tutik Murniasih, peneliti produk alam laut memaparkan tentang berbagai penelitian obat obatan dari sumberdaya laut yang telah dan sedang dijalankan di laboratorium produk alam laut. Sementara itu, M. Reza Cordoba, menjelaskan tentang sampah di daerah pesisir. Sampah merupakan salah satu masalah komplesk yang dihadapi oleh masyarakat yang berada di dekat pantai. Lebih lanjut dikatakan bahwa sampah laut merupakan suatu benda padat, diproduksi atau diproses oleh manusia, secara langsung atau tidak langsung, sengaja atau tidak sengaja, dibuang atau ditinggalkan di dalam lingkungan laut. Pembuangan sampah di wilayah pemukiman dan tepi pantai masih terjadi, sehingga mengakibatkan berkurangnya keindahan wilayah pesisir, menimbulkan berbagai penyakit, mempenagruhi  jaring-jaring  makanan.

Dampak pembuangan sampah ini salah satunya adalah berkurangnya produktivitas ikan yang ditangkap. Jenis sampah yang paling banyak terdapat di wilayah daratan dan lautan yaitu sampah plastic.  Plastik termasuk tipe sampah laut dominan. Indonesia dianggap sebagai penghasil sampah plastik ke laut terbesar kedua dunia. Potensi dampak sampah laut secara kimia cenderung meningkat seiring menurunnya ukuran partikel plastik (mikroplastik). Mikroplastik merupakan plastik yang memiliki ukuran partikel kecil 1-5 mm, dapat dilihat melalui mikroskop dan banyak digunakan sebagai bahan perawatan atau kosmetik.

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih detail, rombongan mahasiswa UI tersebut diberikan kesempatan berkunjung ke laboratorium. Laboratorium yang dikunjungi adalah laboratorium produk alam laut dan laboratorium mikroplastik.

(Meifina,Pranata Humas Muda)

e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI