Siswa SMP Al Azhar 4 Kunjungi Puslit Oseanografi LIPI


Guru dan Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) 4 Kebayoran Lama, Jakarta Selatan berkunjung ke Pusat Penelitian Oseanografi LIPI pekan lalu (18/01/2018).  Kunjungan ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman, menambah pengetahuan dan menggairahkan gerakan cinta laut kepada generasi muda Indonesia. Kepala Pusat Penelitian Oseanografi LIPI Dirhamsyah mengharapkan siswa SMP Al Azhar dapat terinspirasi melalui kunjungan ini untuk menjadi seorang peneliti kelautan Indonesia di masa mendatang. Harapan itu disampaikan Dirhamsyah saat menerima kunjungan para guru dan siswa SPM AL Azhar di Ancol.

Rombongan yang berjumlah 93 orang tersebut mengikuti dengan cermat paparan peneliti krustasea, Indra Bayu Vimono tentang pengalaman menyelam dan meneliti di laut. Beberapa hal yang disampaikan Vimono meliputi gambaran umum tentang laut dan pengenalan biota, terumbu karang, dampak pengrusakan terumbu karang dan membuang sampah ke laut. Selain itu, para siswa bisa mengenal dari dekat jenis-jenis  krustasea seperti udang, kepiting dan lobster. Penjelasan tentang atoll yaitu terumbu karang yang sebagian terendam air laut, dengan pulau-pulau rendah di sekeling laguna besar yang berbentuk gelang juga disampaikan oleh peneliti muda tersebut.

Rombongan siswa dan guru juga diberi kesempatan berkunjung ke empat laboratorium yaitu laboratorium mikrobiologi. Laboratorium pkankton, laboratorium marikultur dan laboratorium produk alam laut.  Kunjungan ini tentu sangat berkesan karena mereka bisa memperoleh pemahaman tentang penelitian laut yang dikerjakan oleh Pusat penelitian Oseanografi LIPI

(Meifina,Pranata Humas Muda)

 

e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI