LIPI Luncurkan Foresight Riset Kelautan dan Program Demand Driven Research Grant


Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Oseanografi dengan dukungan dari program Coral Reef Rehabilitation and Management Program-Coral Triangle Initiative (COREMAP-CTI) meluncurkan foresight riset kelautan dan program demand driven research grant (DDRG). Peluncuran ini dilatarbelakangi dari potensi sumber daya laut Indonesia yang menjadi visi jangka panjang nasional, yakni membangun Indonesia sebagai negara kepulauan yang berorientasi maritim.Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu melihat potensi pengembangan teknologi bidang kelautan dengan mengajinya lewat foresight riset dan teknologi kelautan di Indonesia. Selain itu dibutuhkan pula dukungan pendanaan yang baik, salah satunya lewat program DDRG.
 
Peluncuran ini berkaitan dengan potensi sumber daya laut Indonesia yang menjadi visi jangka panjang nasional, yakni membangun Indonesia sebagai negara kepulauan yang berorientasi maritim. Hal itu diungkapkan Kepala Puslit Oseanografi LIPI Dr. Dirhamsyah, M.A. Lebih lanjut dikatakan bahwa untuk mewujudkan visi tersebut, perlu melihat potensi pengembangan teknologi bidang kelautan dengan mengkajinya melalui foresight riset dan teknologi kelautan di Indonesia. Selain itu, diperlukan dukungan pendanaan yang baik. “Salah satunya lewat program DDRG”, ungkap Dirhamsyah.
 
“DDRG sesuai dengan namanya didasarkan pada permintaan atau kebutuhan terhadap suatu riset, pengembangan maupun inovasi. Sementara itu, permintaan atau kebutuhan riset itu didasarkan pada permasalahan yang sedang dihadapi. “DDRG sangat diperlukan khususnya untuk memenuhi standar dalam meningkatkan pengetahuan, menyiapkan produk maupun kebijakan berbasis sains, menguatkan kapasitas pemangku kepentingan, sekaligus meningkatkan kepedulian publik,” demikian diungkapkan Kepala Puslit Oseanografi, Dr. Dirhamsyah, M.A.
 
Dokumen Foresight Kelautan Indonesia 2020-2035 disusun oleh P2O LIPI bekerja sama dengan Pusat Penelitian Perkembangan Iptek (PAPPIPTEK) LIPI. Dokumen merupakah hasil eksplorasi dan refleksi dari isu-isu, tantangan hingga riset strategis di masa depan dan digali dari berbagai sumber, mulai dari acuan global sektro kelautan masa depan  di negara maju, sampai kerangka kebijakan seperti Poros Maritim Indonesia 2045, Rencana Induk Riset Nasional 2017-2045. Sementara itu tantangan laut Indonesia dan riset ke depan 2020-2035 adalah ketahanan pangan, ketahanan energi, pencemaran laut, keanekaragaman hayati laut, pengelolaan lingkungan pesisir yang berkelanjutan dan perubahan iklim.
 
Melalui skema DDRG, COREMAP-CTI 2018-2019 yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Oseanografi LIPI akan menyiapkan dana riset sebanyak minimal 10 grant setiap tahunnya. Dalam rangka pelaksanaan program DRRG ini, telah pula dilakukan langkah-langkah persiapan yang menghasilkan antara lain manual pelaksanaan DDRG dan panduan penyelenggaraan DDRG.
 
Peluncuran program itu juga sebagai upaya diseminasi dan pemberian kesempatan kepada peneliti, dosen dan praktisi dari seluruh Indonesia untuk berkontribusi mengikuti kompetisi DDRG COREMAP-CTI Tahun Anggaran 2018.
 
Salah satu kordinator program  A’an Johan Wahyudi mengungkapkan, peluncuran program ini sebagai upaya diseminasi dan kompetisi kesempatan kepada peneliti, dosen dan praktisi dari seluruh Indonesia untuk berkontribusi mengikuti kompetisi DDRG COREMAP-CTI tahun anggaran 2018.

(Meifina,Pranata Humas Muda)
 
e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI