Pelatihan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008
Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan administrasi lembaga, Sub BagianKepegawaian Puslit Oseanografi-LIPI menyelenggarakan pelatihan perdana Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 (28 Februari – 1 Maret 2013). Kegiatan ini dimaksudkan adalah agar setiap bagian mampu menyusun manajemen mutu guna meningkatkan kepuasan pengguna baik lingkungan internal maupun eksternal organisasi yang membutuhkan produk barang atau jasa dari Puslit Oseanografi-LIPI. Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Deny Sutisna, M.Fin dan diikuti oleh 28 peserta perwakilan tiap-tiap bagian di Puslit Oseanografi-LIPI. Pelatihan ini dibimbing oleh Tim dari Puslit Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (P2SMTP) LIPI, Drs. Sugiono,APU dan Ade Khaerudin T., M.Si. Kegiatan ini akan dilaksanakan dalam tujuh rangkaian agenda meliputi : Pelatihan pemahaman ISO 9001:2008, Pelatihan dokumentasi, Penyusunan dokumen sebelum uji coba, Uji coba penerapan (pelatihan IA, KUM), Pendaftaran ke LSSM, Audit Eksternal/Audit Sertifikasi dan terakhir adalah agenda penyerahan sertifikat oleh LSSM. Dalam pelatihan ini disampaikan mengenai pentingnya suatu organisasi baik secara keseluruhan maupun bagian-bagian dalam organisasi untuk mengikuti standar manajemen mutu sebagaimana yang dipersyaratkan oleh organisasi ISO 9001. Dampaknya adalah adanya sebuah kepercayaan dari pihak internal dan eksternal organisasi yang membutuhkan pelayanan yang berkualitas. Satu hal yang perlu diketahui bahwa disain dan implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) dipengaruhi oleh lingkungan organisasi, kebutuhan yang beragam, maksud yang tertentu, produk yang disiapkan, proses yang diterapkan serta struktur organisasi. Oleh karena itu standar ini bisa digunakan oleh jenis organisasi apa pun.