Ekspose Hasil-Hasil Kerjasama Riset LIPI-IOCAS dalam 2nd International Symposium on WPOC-ITF


Pusat Penelitian Osenografi LIPI bekerjasama dengan Institute of Oceanology Chinese Academy of Sciences (IOCAS) tengah melakukan kerjasama riset terkait pengaruh sirkulasi di Samudera Pasifik terhadap Arus Lintas Nusantara atau Indonesian Throughflow (ITF) sejak tahun 2014. ITF merupakan satu-satunya arus laut lintas samudera di kawasan tropis yang membawa massa air dari West Pacific Warm Pool -- kawasan laut dengan massa air hangat terluas di dunia, ke penjuru bumi via Samudera Hindia. Oleh karena itu, data timeseries merupakan kunci untuk memahami variasi ITF yang memiliki dampak signifikan bagi kondisi iklim tidak hanya di Indonesia tetapi juga di kawasan Indo-Pasifik. 
 
Melalui kerjasama LIPI-IOCAS yang juga melibatkan para peneliti Indonesia dari KKP, ITB, Universitas Sriwijaya, BMKG dan Universitas Gadjah Mada, kegiatan yang memanfaatkan kapal riset multifungsi R/V Baruna Jaya VIII telah berhasil melakukan pengukuran oseanografi dari 107 stasiun sampling dan 12 mooring buoy. Lingkup penelitian yang dilakukan meliputi studi oseanografi fisika, plankton, paleoseanografi, geologi, biogeokimia, polusi mikroplastik dan variasi atmosfir. Di tahun 2017, pelayaran riset dilakukan selama 60 hari (15 September-15 November, 2017). 
 
Bertempat di Senggigi Lombok, para peneliti yang terlibat dalam kegiatan riset bersama ini memaparkan hasil-hasil dan arah sinergi riset dalam acara the 2nd International Symposium on Western Pacific Ocean Circulation-Indonesian Throughflow (WPOC-ITF) pada tanggal 27-28 November 2017. Salah satu milestone dalam oceanographic campaign LIPI-IOCAS adalah untuk pertama kalinya menghasilkan data timeseries terkait variasi ITF di pintu masuk timur ITF di perairan Maluku dan Halmahera. 
 
Penulis: Intan Suci Nurhati
 


Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI