LIPI Luncurkan Indeks Kesehatan Terumbu Karang Indonesia


LIPI melalui Pusat Penelitian (Puslit) Oseanografi meluncurkan Indeks Kesehatan Terumbu Karang Indonesia kemarin (20/11/17). Selain itu, diluncurkan juga tiga buku berjudul Mangrove di Indonesia, Menyerap Karbon dan lima dekade LIPI di Teluk Jakarta. Peluncuran publikasi hasil riset kelautan oleh Puslit Oseanografi ini merupakan salah satu kontribusi LIPI untuk pembangunan bidang kemaritiman di Indonesia. Indeks Kesehatan Terumbu Karang Indonesia menjadi standard yang diperlukan oleh negara-negara kepulauan untuk mengelola terumbu karang yang di wilayahnya.

Pelaksana Tugas Kepala LIPI, Bambang Subiyanto mengungkapkan, Indeks Kesehatan Terumbu Karang Indonesia sangat berguna untuk pengelolaan terumbu karang dan ekosistem terkait lainnya.  “Melalui indeks ini,, kita dapat memastikan apakah ekosistem terumbu karang kita sehat atau tidak”, demikian ungkapnya.  Hanya beberapa negara di dunia yang sudah memiliki indeks kesehatan terumbu karang. Indonesia termasuk dari sedikit  negara di dunia yang telah memiliki indeks tersebut.

Kepala Pusat Penelitian Oseanografi LIPI Dirhamsyah mengungkapkan, indeks terumbu karang ini berdasarkan data yang dikoleksi secara intensif oleh Puslit Oseanografi sejak  20 tahun lalu atau saat dimulainya Program Coral Reef Management Project (COREMAP) tahun 1999.
Bersamaan dengan itu, Puslit Oseanografi menerima sertifikat Lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi Pusat Penelitian Oseanografi LIPI (LSP P2O LIPI) dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan sertifikat ISO 9001-2015. Dengan diakuinya LIPI sebagai LSP, LIPI kini memiliki kewenangan untuk memberikan sertifikat kompetensi bidang Penilaian Terumbu Karang dan Ekosistem lain yang terkait deri kegiatan COREMAP-CTI. Penyerahan Sertifikat Lisensi LSP P2O LIPI dilakukan oleh Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) kepada Kepala LIPI. Kepala Puslit Oseanografi LIPI, Dirhamsyah mengatakan ini adalah bukti bahwa LIPI layak dan berkompeten untuk memberikan penilaian tentang   kompeten atau tidaknya seseorang sebagai surveyor penilai terumbu karang. Di samping itu, Lembaga Sertifikasi Profesi P2O merupakan bagian dari tanggung  jawab LIPI untuk pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia.

Kegiatan peluncuran Indeks Kesehatan Terumbu Karang Indonesia dan publikasi hasil riset kelautan serta penyerahan sertifikat tersebut adalah bagian dari rangkaian peringatan 50 tahun Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI ) berkiprah untuk bangsa. 

(Meifina,Pranata Humas Muda)

 


Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI