LIPI Gelar Pelatihan Taksonomi Molekuler di Bidang Kelautan

Pusat Penelitian Oseanografi LIPI melalui Regional Training and Research Center on Marine Biodiversity and Ecosystem Health (RTRC MarBEST) menggelar pelatihan taksonomi molekuler di bidang kelautan. Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang peserta yang berasal dari 9 negara yaitu: Indonesia, Malaysia, Singapore, Philippines, Thailand, China, Vietnam, Pakistan dan Bangladesh.  Pelatihan yang berlangsung 25 September sampai 6 Oktober 2017 itu dibuka secara resmi oleh Deputi Ilmu Pengetahuan Kebumian LIPI,.Zainal Arifin, bertempat di Gedung Puslit Oseanografi Ancol, Jakarta Utara.

Pelatihan taksonomi molekuler berdasarkan analisis barcode DNA tunggal dan studi metabarcording dilakukan terhadap berbagai organisme laut di wilayah tropis termasuk vertebrata laut (mamalia, reptile, ikan, burung), invertebrate laut (serangga, moluska, polychaeta & annelida, crustacea, coelenterata, cnidaria, echinodermata) plankton laut, bakteri dan virus laut bahkan untuk tanaman laut (alga dan rumput laut)

Wilayah tropis Indo Pasifik khususnya wilayah Indonesia dikenal sebagai pusat keaneka-ragaman hayati laut dunia.Masih banyak spesies laut tropis yang masih belum ditemukan. Sebuah inovasi baru studi genetika molekuler telah dilakukan untuk memahami status keanekaragaman hayati organisme laut di ekosistem perairan berdasarkan analisis metabarcording yang disebut Environmental DNA.

Kepala Pusat Penelitian Oseanografi, Dirhamsyah mengungkapkan saat ini genetika molekuler sudah dapat diterapkan untuk memahami status keanekaragaman hayati organisme laut di ekosistem perairan berdasarkan analisis metabarcording tersebut. Ini memungkinkan untuk mengumpulkan materi genetik yang ditemukan di kolom air dari berbagai ekosistem laut termasuk muara, mangrove, padang lamun, terumbu karang, pelagis dan ekosistem laut dalam. Pelatihan ini penting untuk mendukung rencana dan strategi konservasi untuk species maupun takson tertentu. Selain itu juga untuk mengetahui status ilmiah struktur jaring makanan dan komunitas biota laut dalam ekosistem tertentu termasuk muara, lamun, mangrove, terumbu karang, pelagis dan ekosistem laut dalam. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu rencana dan strategi pengelolaan lingkungan kelautan di ekosistem tertentu.

(Meifina, Pranata Humas Muda)