LIPI Raih Penghargaan Stand Terbaik LPNK di Ritech 2017


LIPI raih penghargaan stand terbaik kategori LPNK dalam pameran RITECH EXPO 2017 di Makasar pekan lalu. Pameran menampilkan hasil riset, inovasi, dan teknologi karya anak bangsa dari 183 peserta pameran.  Expo yang berlangsung dari tanggal 10 hingga 13 Agustus itu berhasil memikat  8.000 pengunjung dari berbagai wilayah kota Makassar. RITECH Expo 2017 tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla. Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir ikut mendampingi wapres dalam pembukaan pameran. Hadir pula Bapak Teknologi Indonesia sekaligus Presiden RI ke-3, B.J. Habibie, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani.  Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-22 yang jatuh pada tanggal 10 Agustus 2017.

Pameran RITECH Expo 2017 yang diselenggarakan di Gedung Wisma Negara, Kawasan Center Point of Indonesia Makassar (CPI) itu  berhasil mengundang pegiat iptek dan inovasi untuk hadir meramaikan  kegiatan tahunan bidang riset dan teknologi tersebut. Konsep Pameran kali ini adalah wahana dan media informasi interaktif yang menghadirkan  pengalaman sains dan iptek. “Dengan konsep ini diharapkan akan terjadi pertukaran informasi dan pengalaman,  di bidang iptek dan inovasi antara pengunjung dan peserta pameran”, demikian diungkapkan Kepala Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik Kemenristekdikti, Nada Marsudi. Lebih lanjut dikemukakan bahwa dengan menjadi parameter perkembangan produk-produk inovasi terkini, dirinya ingin mendorong proses komersialisasi inovasi, dan mendukung diseminasi inovasi di bidang Kemaritiman. Hal ini sejalan dengan tema Harteknas ke-22 yaitu Pembangunan Maritim Berbasis Ilmu Pengetahuan.  Antusias anak muda di Kota Makassar untuk mengetahui perkembangan teknologi cukup tinggi.  Ini menjadi salah satu indikator upaya kemajuan bangsa dalam bidang pendidikan dan teknologi. Asisten II Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Muhammad Firda menekankan sudah seharusnya kita menghargai hasil-hasil inovasi bangsa ini. Kepala Biro KKP Kemenristekdikti  berharap hal yang sama dapat terulang di Provinsi Riau yang akan menjadi tuan rumah RITECH Expo 2018.

RITECH Expo 2017 merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Kementrian Riset, teknologi dan Pendidikan Tinggi. Expo  menampilkan 110 Institusi, 35 Perguruan Tinggi, 10 Balitbang Daerah, 20 Kementerian dan Lembaga, 20 Industri & BUMN, 15 Unit Utama dan Program Unggulan Kemenristekdikti, 10 Asosiasi & Komunitas, 12 Judul Seminar, 9 Demo Produk, 2 Workshop, 22 Instansi Peserta Temu Bisnis dan  267 Peserta Rangkaian Perlombaan. “Masa depan bangsa ini bukan di tangan kita, melainkan di tangan anak muda penerus bangsa, mari kita gelorakan inovasi dan bersama membangun Negeri,” tandas Nada Marsudi.

(Meifina,Pranata Humas Muda)

 


Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI